Tak Gampang Menambah Wartawan Baru di Timika

OLEH Palupi Auliani
REGENERASI dan perekrutan wartawan baru bukan hal gampang di Timika, Mimika, Papua. ‎Kalaupun sempat ada yang masuk dari perekrutan, tak selalu bertahan lama juga.
“Sulit sekali mencari wartawan baru di sini, bisa dapat satu atau dua orang sudah bagus,” adalah ungkapan yang meluncur dari pimpinan empat media cetak yang berbasis di Timika, Mimika, Papua.
Proses perekrutan bukan tak dilakukan. Namun, tidak setiap kali proses itu mendapatkan sosok baru untuk berkipraj di dunia jurnalistik.
Ambil contoh cerita dari Radar Timika. “Kami pernah melakukan perekrutan, 30 orang masuk, lalu kami mulai pelatihan,” tutur sang Redaktur Pelaksana, Sianturi, Selasa (31/1/2017).
Jangan senang dulu. Sianturi melanjutkan cerita, pelatihan hari pertama membahas teori dasar jurnalistik dan cakupan pekerjaan wartawan. “Selesai hari pertama, tinggal 12 orang yang datang kembali pada hari kedua,” kata dia.
Materi pelatihan hari kedua adalah pengenalan lapangan. “(Hasilnya), hari ketiga tak ada satu pun yang datang lagi. Pelatihan pun usai,” ujar Sianturi sembari tertawa.
Sudah begitu, hampir semua wartawan yang melakukan kerja jurnalistik di sini adalah warga atau keturunan pendatang. Jumlah jurnalis perempuan juga tak mengimbangi kolega laki-laki.
Di tiga media lain, cerita bisa sedikit berbeda. Masih ada kemungkinan tambahan wajah baru. Namun, belum tentu juga bertahan lama.
“Ada banyak pilihan pekerjaan lain di Timika, dengan penghasilan bisa lebih besar pula, apalagi ada banyak perusahaan privatisasi Freeport,” ungkap Direktur Timika Express, Marthen LL Moru, Rabu (1/2/2017). ***
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s